Bagaimana Bekerja Ketika Kita Tidak Mempunyai Semangat Untuk Bekerja?


Add caption

Yups, kita tentu pernah mengalami hari dimana kita malas untuk bekerja tetapi justru pada saat bersamaan terdapat banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan. Lebih dari itu, kebanyakan bos selalu mengharapkan produktifitas yang sama dari para karyawannya setiap hari. Oleh karenanya, ketika kita merasa tidak ingin mengerjakan apapun, lakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengembalikan mood kita agar kembali semangat bekerja dan menyelesaikan setiap tugas yang telah diberikan.

1. Berikan penghargaan untuk diri kita sendiri. 
Sobat Last Hours, mau diakui atau tidak, Motifasi itu sangat penting untuk memacu semangat kita untuk melakukan sesuatu ataupun memulai hal baru. Oleh karenanya tingkatkanlah pemicu semangat kita dengan memberikan diri kita sesuatu yang tidak seperti biasanya ketika kita kehilangan mood kerja kita. Bisa dengan secangkir coklat panas, sarapan yang istimewa, atau sekedar video komedi singkat sebagai hiburan sebelum memulai pekerjaan yang telah menunggu untuk kita selesaikan sob.

2. Tata ruang atau meja kerja kita
Percaya deh, tanpa kita sadari seringkali kita tidak semangat bekerja karena setiap harinya kita melihat hal-hal yang monoton dan itu-itu aja. Cobalah untuk menata ruang atau meja kerja kita dengan sudut pandang yang baru. Bereskan file-file yang berantakan, buang hal-hal atau berkas-berkas yang sekiranya memang sudah tidak diperlukan. Terakhir, bisa juga loh kita taruh tanaman hijau dalam pot mini untuk menyegarkan mata kita ketika mulai terasa lelah menghadap komputer. Atau kita juga bisa menambahkan miniatur mobil impian, anime, atau apapun yang kita sukai untuk meberikan suasana yang lebih cair diatas meja kerja kita. Percaya deh, hal tersebut juga dapat memacu kreatifitas kita dalam bekerja.

3. Mendengarkan musik atau lagu-lagu pembakar semangat
Setiap musik merupakan sihir tersendiri untuk diri kita. Tubuh kita bisa terbawa mengikuti irama setiap musik yang kita dengar. Contoh, ketika kita mendengarkan musik yang membawa lirik dan irama kesedihan, maka sering kali kita hanyut terbawa lirik dan alunan musik tersebut hingga akhirnya tiba-tiba kita juga ikut merasa sedih kan? Maka sebaliknya sob, mari kita dengarkan beberapa musik yang dapat membakar semangat kita untuk membabad habis kerjaan kita! Coba dengerin Tetap Semangat-nya BF2B, Fight Song-nya Rachel Platen, atau Don’t Worry-nya Tony Q Rastafara.  Trust me, it works!.

4. Mulailah dari yang paling mudah
Sounds simple isn’t it? Because it is. Yups, kerjakanlah tugas yang paling mudah terlebih dahulu, baru kemudian ke beberapa tugas yang sulit. Jangan sampai kita wasting time hanya untuk mikirin gimana caranya buat nyelesein tugas yang sulit, sedangkan tugas yang sebenarnya bisa kita selesaikan dengan cepat kita selesein belakangan, itu kebalik sob!. Pokoknya apapun kerjaan kita, kerjakanlah dari yang paling mudah terlebih dahulu.

5. Bayangkan kesuksesan yang ingin kita capai
Orang amrik mungkin biasa nyebutnya “Daydream your success”. Ketika kita kehilangan mood kita untuk menyelesaikan tanggung jawab kita, mungkin kita bisa nyobain tips yang satu ini. Caranya mudah, tutup mata, kita terus cuss deh bayangin kesuksesan yang ingin kita capai. Misal, punya Porsche, Lamborghini, Umroh Satu Keluarga, atau punya istri 4 #upsz hehe. Anyway, pasti impian kesuksesan masing-masing dari kita berbeda. Dengan membayangkannya, maka semangat kita akan terkumpul kembali dan tanggung jawab yang kita hadapi pun bisa segera diselesaikan dengan baik. Karena hanya dengan menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab yang kita miliki dengan baiklah maka impian kesuksesan yang ingin kita capai akan semakin dekat. There’s no instant way to reach success! Hardwork and Be Patient is the only way to be success in everything.

6. Just Do It!

No more complain, Just do it! Just do it! and Just do it! like Nike says. Komplain dan mengeluh hanya akan membangun emosi negatif dalam diri kita yang akhirnya akan mengurangi produktifitas kita. Sampai kapanpun komplain dan mengeluh tidak akan membuat pekerjaan kita berkurang sob, hanya dengan mengerjakannya lah tugas kita bisa semakin berkurang. Semangat! Sebentar lagi weekend!

Selamat Mencoba! Semoga Sukses!

Komentar