Bagaimana Caranya Agar Selalu Termotifasi ?


Kita hidup di era informasi, dimana kita bisa mengakses informasi melalui blog, podcasts dan video yang dapat memberikan inspirasi dan instruksi untuk membantu mencapai tujuan bisnis kita. Dengan banyaknya berbagai informasi yang terdapat di berbagai media ini, membuat kita tidak fokus pada tujuan utama kita. Hingga pada akhirnya, kehilangan fokus ini menyebabkan kita kehilangan motivasi untuk mencapai tujuan utama kita.
Membuat perubahan dan berusaha mencapai tujuan utama kita adalah tugas yang cukup sulit. Ini membutuhkan inspirasi dan motivasi setiap hari agar selalu fokus dalam perjalanan bisnis kita.
Kimanzi Constabel seorang pengarang, konsultan, dan owner dari www.kimanziconstabel.com mempunyai tujuh cara agar tetap termotifasi setiap hari, antara lain:

1. Mempunyai tujuan yang jelas
Perjalanan untuk menciptakan kesuksesan dalam bisnis kita harus berawal dari rencana, dan rencana itu dibuat berdasarkan tujuan yang ingin kita capai. Tujuan kita adalah alasan kenapa kita ada dalam perjalanan ini. Oleh karenanya, tujuan itu sendiri harus jelas, dapat dilakukan, dan mempunyai timeline yang jelas pula. Kita harus mengetahui apa yang kita inginkan dalam hidup dan bagaimana tujuan bisnis kita dapat  mengantarkan kita untuk mencapainya.

2. Membuat rencana esok hari pada malam hari sebelumnya
Seperti yang kita ketahui dan yakini bersama bahwa tujuan dapat tercapai karena adanya rencana yang matang. Agar kita mempunyai tujuan yang jelas pada setiap harinya, kita harus merencanakannya pada setiap malam sebelumnya. Meluangkan waktu setiap malam untuk mengatur prioritas kita di hari esok akan membantu kita untuk fokus pada esok harinya agar target atau tujuan pada hari tersebut dapat tercapai.

3. Tidur yang cukup
Mungkin terdengar sepele, tapi percayalah salah satu alasan kenapa kita kehilangan semangat ataupun motifasi kita adalah karena kita tidak tidur atau beristirahat dengan cukup. Berapa lama kita harus beristirahat tentunya masing-masing orang akan berbeda, tetapi kita harus percaya bahwa tidur pada malam hari adalah sesuatu yang sangat penting agar di esok harinya semangat dan motifasi kita tetap terjaga.

4. Mempunyai “Me Time” pada pagi hari
Kita tahu bahwa pada era sekarang ini teknologi berkembang begitu pesat hingga kemudian perkembangan itu pun sangat membantu kita untuk mencapai kesuksesan dalam hidup kita, tapi percayalah kita butuh waktu jeda dari rutinitas kita. Waktu pagi kita harus menjadi waktu kita, kita harus memiliki waktu dimana kita jauh dari teknologi untuk menyegarkan otak kita agar bisa kembali fokus pada tujuan utama kita. Kita bisa menggunakan waktu itu dengan meditasi, atau sederhana saja dengan menutup mata dan mengeluarkan semua pikiran-pikiran yang bisa mengganggu produktifitas kita. Atau bisa lebih sederhana lagi dengan menikmati secangkir kopi hangat, untuk memacu semangat kita menjalani hari itu.

5. Hindari sesuatu yang dapat mengganggu
Untuk tetap fokus dan termotifasi, kita harus menghindari segala hal yang dapat mengganggu kita. Seperti yang telah saya sampaikan di atas, kita hidup pada era teknologi dan internet, keduanya dapat membantu kita tapi juga dapat mengganggu progres  kita dengan banyaknya informasi yang bertebaran. Oleh karenanya sebisa mungkin kita harus bisa menyaring informasi yang ingin kita dapatkan. Dengan kata lain kita harus pandai mengontrol diri kita sendiri dalam menyerap segala informasi yang tersedia. Selain itu, kita juga harus menghindari orang-orang yang tidak memiliki hasrat untuk maju dalam menjalani hidupnya. Karena orang-orang yang demikian hanya akan menggerogoti kepercayaan diri kita dan tentunya sedikit banyak akan mengurangi ataupun mengganggu motifasi kita. Kelilingilah diri kita dengan orang-orang yang dapat menginspirasi kita untuk lebih maju dan sukses dalam hidup.

6. Mengagendakan “Inspiration Time”
Ini penting, kenapa? Karena pasti akan ada saatnya kita kehilangan inspirasi, atau paling tidak motifasi kita dalam hidup menurun karena rutinitas yang stagnan dan mungkin karena suatu hal. Oleh karenanya, pada rencana sehari-hari kita, sediakan waktu khusus untuk mencari inspirasi, baik dengan membaca buku seseorang yang kita idolakan, mendengarkan musik-musik yang menggugah semangat, atau dengan menonton video yang dapat membantu kita untuk memandang hidup dan tujuan kita dari perspektif yang berbeda.

7. Mengingatkan diri kita sendiri bahwa waktu adalah sesuatu yang sangat berharga
Kita tahu bahwa hidup itu pendek, tapi sering kali kita tidak menjalani hidup dengan sadar bahwa hidup itu pendek. Ketika kita sadar bahwa hidup dan waktu itu pedek dan sangat berharga, kita tidak akan membiarkannya lewat begitu saja tanpa melakukan sesuatu yang berarti. Begitu juga dalam bisnis, tujuan bisnis kita dapat tercapai ketika motifasi kita terjaga dan sadar bahwa waktu sangat berharga untuk dilewatkan begitu saja tanpa progres yang berarti.
Masing-masing dari kita pasti mempunyai target jangka panjang yang besar, tapi percayalah eksekusi harian kita lah yang menentukan kemajuan kita. Tercapai atau tidaknya target kita tergantung pada progres kita setiap harinya.



Komentar