Kebiasaan Terlarang Bagi Pengusaha



Sumber foto: https://fxdayjob.com/wp-content/uploads/2012/02/stop-loss-strategy.jpg

Sebagai calon pengusaha sukses, kita adalah teman terbaik kita sekaligus juga merupakan teman terburuk kita. Mengapa? Karena ketika kita percaya pada kemampuan diri kita sendiri untuk menaklukan dunia maka kita akan berhasil menaklukannya. Begitu juga ketika kita meragukan kemampuan diri kita sendiri, bahkan untuk melangkahkan sejengkal kaki pun kita tidak akan pernah bisa melakukannya. Kita bisa melakukan sesuatu dan menaklukan apapun jika kita percaya akan kemampuan diri sendiri dan membuang kebiasaan buruk seperti

1.       Bekerja sendiri
Ada yang mengatakan “don’t try to do everything alone” Jangan coba mengerjakan segala sesuatunya sendirian. Yups, kita bisa membangun sebuah tim atau bermitra dengan orang lain, atau lebih sederhana lagi kita bisa meminta bantuan orang lain untuk melakukan sesuatu yang bisa meringankan beban kita agar projek yang sedang kita kerjakan tetap bisa maju. But how?, masing-masing kita tentu mempunyai banyak sekali jaringan, baik itu jaringan pertemanan, jaringan sesama pengusaha, atau sekedar kenalan. Salah satu diantara mereka pasti akan dengan sangat senang membantu kita ketika kita meminta bantuannya, baik karena kita sudah pernah membantu mereka di masa lampau ataupun hanya karena mereka senang jika bisa melihat temannya sukses. Pokoknya jangan gengsi untuk meminta tolong!

2.       Membandingkan diri kita dengan orang lain
Ini adalah penyakit yang mungkin 2/3 dari penduduk bumi terjangkit olehnya. Berbahya kah? Sh*t man! That’s damn f*cking dangers dude! Sumpah itu sangat berbahaya untuk kita. Why? Pertama, hidup kita tidak akan bergerak maju. Kita akan stuck pada kapasitas dan kapabilitas kita selama kita masih memiliki sifat tersebut. Kedua, kita akan selalu berfikiran negative terhadap orang lain dan lingkungan sekitar kita. Alih-alih kita berinstropeksi diri, Kita justru akan terjebak pada perasaan yang cenderung menuntun kita untuk menyalahkan lingkungan sekitar kita ketika keadaan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. So, by now on, just stop comparing yourself with others. Masing-masing dari kita mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Explore yourself! Dan jadilah yang terbaik sesuai versi dirimu sendiri.

3.       Tidak selalu siap
Salah satu mantan presiden Amerika Serikat pernah berkata bahwa “Jika kita tidak menyiapkan segala sesuatunya maka kita bersiap untuk gagal”. Tidak peduli seberapa percaya diri kita, dan seberapa yakin kita dengan kemampuan kita, akan jauh lebih baik lagi jika kita menyiapkan skenario-skenario lain seandainya rencana awal kita tidak berjalan sesuai rencana. Lebih dari itu, siapkan kemungkinan sekenario terburuk dari rencana kita. Yups, maybe you don’t need them but you’ll be glad to have them if you do.

4.       Komplain
Ya, sebagian besar dari kita adalah para tukang complain. Kita banyak menghabiskan tenaga, waktu, dan pikiran hanya untuk mengkomplain sesuatu yang mungkin sebenarnya tidak perlu terlalu di fikirkan. Karena ketika kita terlalu banyak complain dan focus pada hal-hal yang negatif kita tidak akan dapat mensyukuri apa yang kita saat ini kita miliki dan berfikir bagaimana untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. If something isn’t right, fix it, don’t complain.

5.       Membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan
Handphone dengan teknologi terbaru atau sepeda motor dengan model terbaru mungkin membuat kita ingin memilikinya hanya sekedar demi mengikuti trend terbaru. Tapi percayalah, akan jauh lebih bijak apabila uang tersebut digunakan untuk melebarkan sayap bisnis dan meningkatkan daya saing, atau bisa juga disimpan untuk dana krisis, karena suatu saat itu pasti datang.  



Nah, itulah beberapa hal yang sangat dilarang jika kamu adalah seorang pengusaha. Jika kamu ingin sukses, yuk kita buang kebiasaan-kebiasaan diatas! Salam Sukses!

Komentar