Tips Untuk Menjaga dan Meningkatkan Kepercayaan Diri



Untuk hidup yang penuh dengan pencapaian, kita harus sepenuhnya percaya pada diri kita dan kemampuan kita sendiri. Martin Luther King, J.r., Bill Gates, dan Steven Jobs adalah beberapa contoh orang sukses yang berangkat dari kepecayaan terhadap diri mereka sendiri. Poin pentingnya adalah bukan seberapa besar pencapaian mereka dalam hidup, akan tetapi adalah kemauan mereka untuk tetap bangkit ketika mereka menemui kegagalan dalam perjalanannya mewujudkan mimpi mereka.

Mereka dapat tetap bangkit dan mencapai kesuksesan karena mereka sepenuhnya percaya pada diri mereka sendiri. Kepercayaan diri mereka inilah yang membuat visi mereka begitu besar, karenanya mereka tidak peduli berapa kali mereka gagal. Pada akhirnya mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan sesuai dengan tujuannya.

Sebagai pemilik bisnis dan pengusaha, kita akan mendapati kegagalan dan pengalaman kekalahan pada titik tertentu. Jika hal ini belum terjadi pada bisnis atau usaha kita, ini akan terjadi pada waktu yang akan datang. Hal tersebut jangan sampai membuat kita berfikir negatif atau membuat kita ragu, itu hanya sebuah proses kehidupan. Tidak selamanya kita akan berada di atas, pada saatnya kitapun akan berada di bawah. Tapi ketika itu terjadi, selama kita percaya pada diri kita dan kemampuan kita sendiri, kegagalan tidak akan dapat menghentikan kita untuk mencapai apa yang kita inginkan.

Matt Mayberry seorang CEO dari Matt Mayberry Enterprises membagikan dua tips bagaimana caranya agar kepercayaan diri kita meningkat setiap hari.

#Count Your Wins (Hitung Kemenanganmu)
Sebagai manusia kita secara natural mempunyai kemungkinan untuk terjebak dalam pemikiran negatif dan berfikir tentang segala kehilangan yang menimpa kita, daripada menghitung kemenangan kita dan mencari segala kebaikan yang telah kita dapatkan. Menghitung segala kemenangan kita akan memberikan kita perasaan damai dan menyadarkan kita bahwa kita telah melakukan sesuatu yang sangat luar biasa di masa lalu dan sesuatu yang lebih besar dapat terjadi di masa depan.

#Talk to Yourself like a Champion (Berbicaralah pada diri sendiri seperti Sang Juara)
Mungkin ini terdengar aneh, tapi menurut Matt melatih diri untuk berbicara kepada diri sendiri selayaknya sang juara akan dapat membuat kita lebih percaya diri. Gak percaya? Buktiin deh, coba setiap pagi sebelum kita melakukan kegiatan, kita terlebih dahulu berbicara kepada diri kita sendiri di hadapan cermin seperti halnya kita berbicara kepada sang juara dengan berbagai kalimat membangun, seperti “Saya adalah yang terbaik dalam hal yang saya kerjakan”, “Tidak ada yang luar biasa kecuali saya, saya adalah sang juara” dan masih banyak lainnya. Coba selama satu minggu, dan rasakan hasilnya!


Selamat Mencoba! Semoga hari-hari kita semakin positif dan selalu lebih baik dari hari kemarin. Semoga Sukses!

Komentar